Pemerintah Daerah DIY melalui Biro Tata Pemerintahan Setda DIY melaksanakan kegiatan Sosialisasi  Peraturan Daerah DIY Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pembangunan Wilayah Perbatasan di DIY pada 5 (lima) lokasi. salah lokasi berada di Kabupaten Sleman Kapanewon Prambanan. Sosialisasi ini  dihadiri oleh anggota Dewan Komisi A DIY, Ibu Retno Sudiyani S.H.

Agustina Pangestujati, SIP dari Biro Tata Pemerintahan dalam pemaparannya menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah bertanggung jawab untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Wilayah Perbatasan melalui peningkatan pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat. Pembangunan wilayah perbatasan sangat diperlukan guna meningkatkan pemberian pelayanan dasar serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan.  pembangunan wilayah perbatasan memerlukan pengaturan hukum yang menjadi pedoman bagi Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pengelolaan dan pembangunan wilayah perbatasan.

Di Kapanewon Prambanan terdapat 3 Kalurahan yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah yakni Kalurahan Bokoharjo, Gayamharjo dan Sambirejo. Wilayah – wilayah ini menjadi fokus Pemerintah Daerah DIY sekarang untuk malakukan penataan. Penataan administrasi daerah bertujuan untuk menjamin tertib administrasi batas daerah, memberikan kejelasan terhadap batas daerah dan memberikan kepastian hukum terhadap batas daerah.Dalam rangka Pembangunan Wilayah Perbatasan, Pemerintah Daerah dapat melakukan kerja sama dengan daerah atau pihak ketiga. Masyarakat dapat berperan serta dalam Pembangunan Wilayah Perbatasan seperti memberikan masukan dan saran, Bergotong-royong, Mengawasi pengaduan permasalahan dan melaporkan penyimpangan atau pelanggaran yang terjadi.

(Praja-News)